Ilmu sosiologi pendidikan itu sendiri merupakan ilmu yang berusaha untuk mengetahui
cara-cara dalam pengendalian proses pendidikan agar nantinya memperoleh perkembangan
kepribadian individu yang lebih baik. Berikut ini beberapa tujuan dari sosiologi pendidikan:
1. Sebagai Analisis Proses Sosiolisasi.
Francis Brown mengemukakan bahwa "Sosiologi pendidikan memperhatikan
pengaruh keseluruhan lingkungan budaya sebagai tempat dan cara individu
memperoleh dan mengorganisasikan pengalamannya".
2. Sebagai Analisis Kedudukan Pendidikan Dalam Masyarakat.
L.A. Cook mengutamakan fungsi lembaga pendidikan dalam masyarakat dan
menganalisis hubungan sosial antara sekolah dengan berbagai aspek
masyarakat, misalnya: penyelidikan tentang hubungan antara masyarakat
pedesaan dengan sekolah rendah dan menengah atau meneliti fungsi sekolah
berhubungan dengan struktur sosial dalam lingkungan masyarakat
tertentu.
3. Sebagai Analisis Sosial Disekolah Dan Antara Sekolah Dengan Masyarakat.
Disini diusahakan menganalisis pola-pola interaksi sosial dan peranan
sosial dalam masyarakat sekolah dan hubungan orang-orang didalam sekolah
dengan kelompok-kelompok diluar sekolah.
4. Sebagai Alat Kemajuan Dan Perkembangan Sosial.
Pendidikan dianggap sebagai badan yang sanggup memperbaiki masyarakat
dimana pendidikan sebagai alat untuk mencapai kemajuan sosial. Sekolah
dapat dijadikan alat kontrol sosial yang membawa kebudayaan ke puncak
yang setinggi-tingginya.
5. Sebagai Dasar Menentukan Tujuan Pendidikan.
Sejumlah ahli memandang bahwa sosiologi pendidikan sebagai alat untuk
menganalisis tujuan pendidikan secara objektif dimana mencoba mencapai
suatu filsafat pendidikan berdasarkan analisis masyarakat dan kebutuhan
manusia.
6. Sebagai Sosiologi Terapan.
Para ahli sosiologi pendidikan menggunakan segala sesuatu yang diketahui
dalam bidang sosiologi dan pendidikan lalu memadukannya kedalam suatu
ilmu baru dengan menerapkan prinsip-prinsip sosiologi kepada seluruh
proses pendidikan.
7. Sebagai Latihan Bagi Petugas Pendidikan.
Sosiologi dapat memberikan sumbangan yang berharga dalam menganalisis
pendidikan, untuk memahami hubungan antar manusia didalam sekolah dan
struktur masyarakat tempat sekolah itu beroperasi. Sosiologi pendidikan
tidak hanya mempelajari masalah-masalah sosial dalam pendidikan
melainkan juga tujuan pendidikan, bahan kurikulum, pokok-pokok praktis,
etis dan sebagainya.
Sumber : http://zhalabe.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar